Sejarah Singkat Cedera ACL

Gelandang Sydney FC Luke Brattan mengalami cedera lutut dan mendengar tiga huruf yang membuat hati setiap pemain ketakutan: ACL

Saat ia memulai kembali kebugarannya, ia bertemu dengan Daniel Garb dalam edisi terbaru Neds Australian Football Stories.

Ini adalah salah satu cedera yang paling ditakuti dalam olahraga – ACL yang robek – dan telah mengakhiri musim bintang Sydney FC Luke Brattan.

Kami bertemu dengan Brattan untuk pembaruan tentang pemulihannya dan dia mengungkapkan keinginan membara yang telah memotivasi dia saat dia membangun menuju comeback! pic.twitter.com/lqPrUoAMmY

— NedsAU (@NedsAus) 4 Februari 2022

Meskipun tetap merupakan cedera besar yang membutuhkan rehabilitasi selama berbulan-bulan, banyak atlet telah kembali dari ini dan melampaui apa yang sebelumnya dianggap mungkin setelah operasi rekonstruktif.

Kami telah menggali arsip dan menemukan hanya beberapa nama terkenal yang dapat kembali beraksi.

Alan Shearer

Ditandatangani oleh Blackburn pada Juli 1992 dengan biaya rekor Inggris saat itu sebesar £3,6 juta, Shearer memulai dengan baik dengan Rovers mencetak 22 gol dalam 26 penampilan.

Itu langsung tergelincir ketika dia menderita robekan ACL yang membuatnya absen selama sisa musim ini.

Pada saat musim 1993-1994 dimulai, Shearer tidak hanya siap bermain lagi, tetapi mendominasi sepakbola Inggris selama beberapa musim berikutnya.

Alan Shearer, Blackburn Rovers, Rekor Premier League

1992/93 21 penampilan 16 gol
1993/94 40 penampilan 31 gol
1994/95 42 penampilan 34 gol
1995/96 35 penampilan 31 gol
Total 138 penampilan 112 gol

Angka luar biasa ️⚽️ #BRFC pic.twitter.com/Us0xxEdJoI

— Football Remind (@FootballRemind) 24 Januari 2022

Tidak buruk kembali dari cedera besar.

Alessandro Del Piero

Musim 1997-1998 Juventus melihat Del Piero menikmati salah satu musim terbaik dalam karirnya, dengan 32 gol dari 47 penampilan sebagai Nyonya Tua memenangkan Supercoppa Italia dan Serie A serta membuat final Coppa Italia dan Liga Champions .

Pada November 1998, Del Piero merobek ACL-nya di babak penutupan pertandingan Serie A dengan Udinese dan melewatkan sisa musim itu.

Akhirnya dia kembali ke dirinya yang mendominasi dengan kampanye 2001-2002, memenangkan banyak penghargaan baik di tingkat internasional maupun.

Setelah waktunya bersama Juve akan segera berakhir, Del Piero pindah ke Sydney di mana ia mengumumkan kedatangannya dengan cara yang spektakuler.

Ini adalah gol yang sama-sama ingin diciptakan kembali oleh para penggemar dan pemain, termasuk salah satunya Luke Brattan.

Alessandro del Piero v Luke Brattan.

Bisakah gelandang @SydneyFC membuat ulang *gol terkenal* itu?#ALeague pic.twitter.com/SwzuSwsBCp

— Isuzu UTE A-League (@aleaguemen) 31 Oktober 2019

Tom Brady

Dalam minggu yang NFL terbesar sepanjang masa pensiun, sulit untuk tidak memikirkan kembali 13 setengah tahun ketika beberapa orang berpikir karirnya sudah berakhir.

Di awal pembuka musim 2008, Brady melangkah untuk memberikan umpan yang dalam kepada Randy Moss, namun saat ia meluncurkannya, Bernard Pollard melakukan tekel dan diblok ke lutut kirinya oleh back back Sammy Morris dan dia selesai untuk tahun ini. .

Tidak puas dengan apa yang sudah menjadi Hall of Fame karir yang layak, Brady kembali beraksi dan membuat salah satu comeback kuarter keempat yang dipatenkan dalam kembali beraksi.

Hanya satu tahun setelah merobek ACL-nya, @TomBrady memimpin comeback kuartal keempat EPIC di #MNF.

Tonton ulang Brady classic ini MALAM INI jam 8 malam ET di @espn! pic.twitter.com/OspewcK20s

— NFL (@NFL) 11 Mei 2020

Dan kemudian memiliki karir pasca cedera yang cukup bagus juga.

Saya bermain untuk nama di bagian depan jersey saya dan nama di bagian belakang jersey saya. Saya bermain untuk teman-teman saya, keluarga saya & komunitas kami – Anda semua – yang telah memberi saya apa yang saya miliki hari ini.

Saya cinta kalian semua. Terima kasih SEMUA telah membuat perjalanan luar biasa ini menjadi mungkin pic.twitter.com/3jmNWid9ZB

— Tom Brady (@TomBrady) 3 Februari 2022

Joe Burrow

Saat Joe Burrow bersiap untuk penampilan Super Bowl pertamanya, harus diingat bagaimana musim rookie-nya pada tahun 2020 berakhir dengan cedera lutut yang parah hampir 12 bulan yang lalu.

Dia direhabilitasi, kembali siap untuk Minggu 1 dan sekarang siap untuk pertandingan terbesar musim ini.

Dan terlihat sangat bagus dalam prosesnya.

Lemparan ini bodoh. Joe Burrow luar biasa di tahun kedua keluar dari ACL yang robek. Maksud saya, saya tidak berpikir kita benar-benar memahami betapa luar biasanya dia mengecilkan peregangan tahun ini. pic.twitter.com/NqMMpAO9aY

— JAKE ELLENBOGEN (@JKBOGEN) 16 Januari 2022

Adrian Peterson

Kembali beraksi sebagai quarterback adalah satu hal, tetapi berlari kembali, terutama pelari besar yang kuat seperti Peterson dapat melihat karir mereka berakhir dengan robekan ACL.

Bukan orang-orang Viking yang berlari kembali.

Kembali ke lapangan saja tidak cukup untuk All Day, dia datang dalam jarak tujuh yard dari rekor kecepatan satu musim dan terlihat seperti dirinya yang dulu.

24 Desember 2011: Adrian Peterson merobek ACL dan MCL-nya

Musim 2012: @AdrianPeterson berlari sejauh 2.097 yard.

All Day selalu dibangun dengan cara yang berbeda.

via @nflthrowback pic.twitter.com/utsUWodYrH

— NFL di CBS (@NFLonCBS) 21 Maret 2021

Quade Cooper

Dalam perebutan tempat ketiga yang tidak berarti di Piala Dunia Rugbi 2011, Wallabies menerbangkan setengah Quade Cooper melakukan salah satu sidestep yang dipatenkan dan lututnya tertekuk di bawah kekuatan langkah.

Cooper akhirnya kembali beraksi bersama The Reds dan telah menghasilkan beberapa momen tak terlupakan dalam karirnya sejak kembali.

Adegan!!! 🚨.

Gol penalti. 4️⃣0️⃣+ meter keluar. Permainan di telepon…

Quade Cooper telah menyelesaikan keajaiban kembali ke Wallabies setelah 4️⃣ tahun jauh dari arena Test. #TRC2021 #RSAvAUS #Rugby pic.twitter.com/8b4iywpEOw

— Stan Sport Rugby (@StanSportRugby) 12 September 2021

Greg Inglis

Inglis melewatkan sebagian besar musim NRL 2017 setelah menderita robekan ACL di Putaran 1, tetapi mampu membuatnya kembali untuk kampanye 2018.

Pada tahun itu ia mencetak 10 percobaan dalam 19 penampilan, sekaligus menjadi kapten tim Maroon di State of Origin.

Berita yang sangat disayangkan dengan Greg Inglis mengumumkan pengunduran dirinya segera. GI sangat terpengaruh oleh masalah lutut/bahu yang sedang berlangsung pada tahun 2019. Dari sudut pandang fisio, saya selalu mengagumi upaya rehabilitasi & permainannya saat kembali dari rekonstruksi ACL pada tahun 2017. Doakan yang terbaik untuknya pic.twitter.com/YLdXHan8Xd

— NRL PHYSIO (@nrlphysio) 15 April 2019

Daniel Menzel

Anda tidak pernah ingin dikenal sebagai “pria ACL” tapi sayangnya itu adalah berita utama utama dalam karir Aussie Rules Daniel Menzel.

Setelah bermain dalam 18 pertandingan untuk Cats pada tahun 2011, ligamennya pecah di putaran pertama AFL Finals dan kemudian merobek ACL lainnya saat kembali ke VFL.

Robekan ACL ketiga terjadi pada Desember 2012 dan setelah mencoba operasi LARS, ia membutuhkan rekonstruksi keempat pada 2013.

Dia bisa bermain lagi pada tahun 2015, tampil dalam sepasang pertandingan AFL sebelum membuat 17 penampilan pada tahun berikutnya.

| “Tidak mungkin, hanya dalam mimpi terliarmu!” 😴.

Daniel Menzel telah mendapatkan dirinya sendiri nominasi putaran 19 gol tahun ini.

VOTE: https://t.co/TSxZWqAUdw pic.twitter.com/2T7QkpeK4Z

— Geelong Cats (@GeelongCats) 30 Juli 2018

Erin Phillips

Grand Final AFLW 2019 menjadi momen pahit bagi Erin Phillips yang merobek ACL-nya dalam kemenangan timnya.

Hari yang pahit-manis bagi Erin Phillips saat dia menjadi pemain ganda #AFLW Premiership, tetapi mengonfirmasi bahwa dia menderita cedera ACL. ❤️#AFLWGF pic.twitter.com/joVlNtDf96

— Wanita AFL (@aflwomens) 31 Maret 2019

Dia dapat kembali beraksi pada tahun berikutnya dan dinobatkan sebagai Crows Co-Captain pada tahun 2020.

Dual AFLW terbaik dan tercantik Erin Phillips mengakui itu agak lucu membuat comeback lama ditunggu-tunggu dari ACL robek melawan Carlton pada hari Minggu. Superstar Crows sangat bersemangat, mengatakan bahwa dia mulai merasa seperti pesepakbola lagi @aflwomens pic.twitter.com/3Ewc3fZlps

— Lee Gaskin (@Lee_Gaskin1) 27 Februari 2020

Author: Paula Allen